Skip to main content

Denny Farhan

Sering Travelling dengan Mobil? Jangan Lupa Kunjungi Distributor Pemancar FM!

3 min read

Saat ini, arus informasi memang tak terbantahkan lagi derasnya. Khususnya melalui media internet. Karena kelebihan internet adalah dapat diakses dimanapun dan bisa bersifat real time. Selain itu biayanya juga lebih murah. Namun demikian, ada banyak kendala ketika kita hanya mengandalkan internet sebagai sumber informasi. Sebut saja halangan dari gunung, pepohonan dan lainnya, ketika misalnya kita sedang bepergian. Mau tidak mau, radiolah yang harus kita akrabi. Karena itu Anda perlu datang ke distributor pemancar FM untuk mencari tahu. Kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk membuat radio di mobil kita tetap bisa menjangkau frekuensi dari beberapa jarak tertentu.

Bagi Anda yang belum tahu, frekuensi radio sebenarnya tak hanya FM atau yang biasa diisi oleh stasiun-stasiun radio yang biasanya kita dengar. Ada beberapa jenis lain, seperti:

1.    Very high frequency atau biasa dikenal dengan VHF. Jangkauan dari frekuensi ini tidaklah jauh. Biasanya hanya berjarak 2 kilometeran. Frekuensi inilah yang biasanya digunakan para breaker atau yang biasanya bergabung dalam organisasi radio amatir atau ORARI.
2.    Ultra high frequency atau UHF yang jaraknya sekitar 80 meter. Biasanya gelombang ini digunakan oleh handy talkie para polisi. Agar lebih memperluas jangkauan, ada transmitternya di beberapa titik.

Dengan demikian memang, frekuensi yang jangkauannya paling luas adalah frekuensi FM yang dikenal juga dengan HF (high frequency). Melalui frekuensi ini, tidak hanya sinyal radio yang bisa tertangkap dengan sangat jelas. Tapi biasanya juga digunakan untuk mengirim sinyal morse ketika misalnya Anda sedang berada pada situasi sulit. Untuk membuat radio di mobil Anda bisa mengirimkan sinyal inilah perlu alat yang bisa didapatkan dari distributor pemancar FM. Karena meskipun sama-sama bisa menangkap frekuensi FM, tapi untuk morse mode yang digunakan berbeda.

Mode tersebut dinamakan continuous wafe yang bisa menjangkau sinyal sampai 160 km. Untuk memasang fasilitas ini di mobil, beberapa peralatan yang digunakan yaitu:

•    Cable tie untuk mengikat sambungan kabel dari antena ke radio di dalam mobil.
•    Kabel antena tipe RG58 yang panjangnya sekitar 3 meter.
•    Antena penangkap sinyal khusus untuk mobil.
•    Radio untuk komunikasi atau rig.

Peralatan diatas dibutuhkan jika Anda ingin memasang juga radio komunikasi. Akan tetapi jika Anda hanya ingin mendengarkan informasi dari radio saja, misalnya dimana jalan yang sedang macet, atau bagaimana prakiraan cuaca. Maka yang dibutuhkan cukup antena saja. Namun yang jelas, apapun peralatan radio yang Anda pilih, semuanya bisa Anda dapatkan di Giant communication. Yaitu toko yang memang berupa distributor pemancar FM. Tak hanya pemancar radio saja, pemancar televisi, dan semua peralatan radio amatir, disediakan disini dan dengan harga yang sangat terjangkau.